Radio Show Kos-Kosan Gayam

Kos-Kosan Gayam merupakan acara radio yang disiarkan setiap hari kamis jam 9 malam di radio Geronimo FM Jogjakarta. Secara ga sengaja sih pertama mendengarkan acara radio ini. Berawal dari seringnya beberapa teman yang rutin menulis tentang koskosan gayam setiap hari kamis maka sayapun penasaran.

Kos-kosan gayam merupakan drama komedi yang menceritakan kehidupan tiga orang mahasiswa perantauan yang sedang kuliah di Jogjakarta dan berada dalam satu kos. Cocok banget ini untuk yang sedang kuliah dan merantau. Tokoh-tokoh yang bermain dalam koskosan gayam ini adalah.

  • Bramana Danu

Bramana Danu atau yang biasa dipanggil Bram atau Brem (kalau Sangadi yg manggil) merupakan mahasiswa rantau dari Jakarta. Bram adalah sumber dana utama bagi anak-anak kos. Anak tunggal dari Jeng Iis yang uangnya melimpah kemana-mana sampai bergeletakan di kamar kos. Tokoh yang paling sering mengeluarkan kata-kata bijak dengan backsound Jazz yang khas.

  • Parwoto Sardi

Parwoto Sardi yang biasa dipanggil Par oleh pak kos dan bram, dan dipanggil wot oleh icuk dan sangadi. Merupakan mahasiswa rantau dari Klaten. Parwoto merupakan tokoh yang ndeso banget bawaannya dan logatnya yang njawani. Parwoto memiliki 2 peliharaan ayam Darmo dan Silvy yang diceritakan cerdas karena ayam-ayam itu juga bersekolah -__-. Parwoto memiliki kekasih yang sedang berada di luar negeri karena sedang melaksanakan pertukaran pelajar di Zimbabwe yang bernama Tita. Namun dikosan ini dia juga memiliki gebetan penjual gorengan yang bernama Ciksensen.

  • Icuk Simarmata

Icuk Simarmata yang biasa dipanggil icuk dan Culek oleh sangadi. Merupakan mahasiswa rantau dari Medan. Icuk merupakan tokoh yang bisa dibilang sering jadi bulan2an oleh Bram dan Parwoto. Logatnya batak sekali namun Mamaknya justru logatnya ngapak. Memiliki pick-up yang bisa dibilang sudah tidak layak pakai, sempat dijual namun akhirnya dibeli lagi -__- . Sama seperti Parwoto, Icuk juga LDR dengan Butet pacarnya yang ada di Medan namun mempunyai gebetan juga di jogja yaitu pembantu kosan sebelah yang bernama Mba Ratna. Icuk doyan sekali gorengan, boneka babi dan sering ga pake celana -__-.

  • Pak Kosnaeni (Pak Kos)

Pak kosnaeni yang merupakan bapak kos dari trio Gayam. Bapak kos merupakan pencinta vespa yang doyan turing namun rutenya tetap di dalam kota. Pak kos ditinggal ibu kos yang jadi TKW keluar negeri. Bapak kos juga takut sama mamanya bram Jeng Iis.

  • Sangadi

Sangadi merupakan keponakannya Bapak Kos yang juga teman dari trio gayam. Mahasiswa rantau dari Purbalingga tentu dengan logat ngapak yang sangat kental. Sangadi yang biasa dipanggil 9D ( 9=Sanga) oleh dosennya pak Tanggap Sasmito juga sering jadi bulan2an dari trio gayam. Sangadi juga memiliki kekasih yang bernama Chintya episode terakhir sih sangadi LDR juga karena Chintya kuliah di Australia.

Pak Kos - Bram - Icuk - Parwoto - Sangadi

Pak Kos – Bram – Icuk – Parwoto – Sangadi

Itu merupakan tokoh-tokoh utama yang sering keluar di koskosan gayam. Ada beberapa tokoh lainnya yang juga muncul antara lain

  • Pak Tanggap Sasmito

Dosen dari trio gayam dan sangadi. Pak Tanggap adalah seorang dokter praktisi dosen dan bikers. Sering turing bareng sama pak kos, dan juga merupakan dokter dari ayamnya parwoto Darmo dan Silvy. (keluar di episode silvy sakit, investigasi dosen t.sas, Bro tanggap galau sama yang terakhir edisi hallowen 2013)

  • Mba Ratna

Pembantu kosan sebelah yang mau digebet sama icuk namun gagal karena mba ratna udah menikah sama mas galih akhirnya ( keluar di episode Icuk Diambang Remuk, sama Undangan Nikah)

  • Ciksensen

Penjual gorengan langganan trio gayam yang jadi gebetannya parwoto. Ciksensen masih belum tau kalo Parwoto punya pacar di Zimbabwe (keluar di episode Parwoto galau, parwoto sakit, sama ciksensen titip bayi)

  • Jeng Iis

Jeng Iis adalah mamanya Bram. Bukan merupakan contoh mama yang baik karena dari sudah meninggalkan bram dari balita di kosan gayam dan dititipkan ke pak kosnaeni. 17 tahun tak pernah bertemu dengan bram cuma rutin mengirimi uang bulanan yang berlimpah (keluar di episode mama bram datang)

  • Ibu Kos

Ibu kos bekerja di luar negeri (Jepang sepertinya) yang rutin ngirimin bapak kos uang ternyata. Kata favoritnya adalah Ngeheettzz.. (keluar di episode Ibu Kos datang, Warung Makan Ngehettzz..)

  • Johan Wijaya

Johan wijaya ini merupakan tokoh misterius yang cuma sering disebut namanya tanpa pernah keluar didialog. Sering disebut sebagai mantannya Ciksensen mau ngegebet Butet dan merupakan mantannya ibu kos juga jadi dia adalah musuh bersama kosan gayam.

  • Alit

Temennya tri0 gayam + sangadi yang juga sering keluar di beberapa episode ( Bikin tenda di Bram, Alit si Pembasmi Tikus )

Episode yang pertama saya dengarkan dan yang membuat saya penasaran dan akhirnya kecanduan adalah episode Ulang Tahun Geronimo dimana adegan pertama adalah ketika Icuk titip roti ulang tahun ke Sangadi. Logat batak icuk dan logat ngapak Sangadi menjadi daya tarik tersendiri kala itu.

Buat yang penasaran silahkan setiap kamis malam jam 9 malam khusus bagi yang di Jogjakarta silahkan setel radio Geronimo fm di 106.1 fm atau striming lewat jogjastreamers.com

dan kalo mau mendengarkan beberapa rekaman episode sebelumnya ada di http://kos2an-gayam.blogspot.com/2013/04/semua-rekaman.html

Selamat mendengarkan semoga menjadi salah satu alternatif hiburan baru Salam Braderhuuttt😀

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s