Kuliah Kerja Nyata

Tiga bulan yang lalu yaitu pada 1 Juli 2012 saya yang berpredikat mahasiswa diberi kewajiban untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata atau yang lebih dikenal dengan sebutan KKN. Suatu kewajiban dari kampus yang diberikan kepada mahasiswanya untuk terjun langsung dimasyarakat selama dua bulan.

Dan merekalah kawan – kawan seperjuangan saya yang tergabung dalam kelompok KKN 51 UNY 2012

  • Bayu Kurniawan ( Biologi, MIPA)

Big Boss nya 51. Sebagai raja sawit dia cukup menghidupi kita di posko hahaha. Sayangnya dia agak playboy dan agak mesum jadi hati – hati. hahahaha

  • Muhammad Manaqib ( Matematika, MIPA)

Bendaharanya 51 yang perhitungan nan pelit. Teman sekamar abadi saya yang sering jadi bulan – bulanan anak2

  • Triwahyuniagustini ( Matematika, MIPA)

Sekertarisnya 51 yang diam – diam menyebalkan, ekspresinya datar dan ada bakat jadi pembunuh berdarah dingin

  • Diah Marti Pratiwi ( Adminitrasi Negara, FIS)

Anggota 51 yang doyannya maen zombie, dan childish sekali ternyata Diah ini, meski begitu diah adalah cewek perkasa.

  • Joko Setiawan ( Kimia, MIPA)

Anggota 51 spesialisasi masalah dokumentasi dan desain, game favoritnya di posko adalah Aerial Fire.

  • Abdul Fikar Amigato ( Kimia, MIPA)

Anggota 51 yang ga jelas jurusannya, anak kimia yang bisa diajak ngobrol masalah apapun. Kawan yang ternyata dari Jakarta juga

  • Nurwanto ( Ikora, FIK)

Anggota 51 yang paling bisa diandalkan fisiknya, penyebar virus zombie dan doyan pulpy

  • Sandi ( Sastra Indonesia, FBS )

Anggota 51 dari Bangka yang paling berantakan kosakatanya badannya lebih FIK dibanding anak FIK

  • Guntur Mahendro Saputro ( Manajemen, FE )

Anggota 51 yang bisa dijuluki sebagai ksatria bergitar

Kami bersepuluh mendapatkan takdir untuk melaksanakan KKN di Dusun Susukan IV, Desa Genjahan, Kecamatan Ponjong, Kabupaten Gunung Kidul. Dimana kami diterima dengan hangat oleh bapak Suratman selaku Kepala Dukuh dan diberi tempat tinggal yang sangat nyaman selama dua bulan.

Banyak kegiatan yang kami lakukan disana, mengajar TPA, membuat papan nama padukuhan, membudidayakan jamur tiram, membuat plang dan lain sebagainya. Namun yang paling mengesankan buat saya adalah mengajar di SD Genjahan II dimana sebelumnya hal ini juga tidak direncanakan oleh kelompok untuk akhirnya menjadi salah satu program kerja. Di SD Genjahan II saya kebagian jatah untuk mengajar di kelas V, ( Kebagian karna saya berdiri paling akhir diantara yang lain, Diah kelas I, Guntur Kelas II, Tri kelas III, Fikar kelas IV dan terakhir saya karna Nurwanto alias Kacang spesialis olahraga ). Namun dari kelas inilah pada akhirnya anak – anak dari kelas V lah yang cukup membuat saya merindukan suasana KKN. Meskipun cuma sedikit muridnya (Kurang lebih 15 orang) namun saya menjadi memiliki adik disini. Terutama murid yang berasal dari Susukan IV ada Sarah, Nisa, Vera, Maya, Vita dan Brian.

Bersama Sebagian Kelas V

Proker lain yang buat saya mengesankan adalah saat kami membuat lomba untuk tiga TPA yang ada di dusun Susukan IV. TPA Nurul Huda, Al – Amin dan Miftahul Jannah. Dimana proker ini saya kebagian sebagai penanggung jawab lomba Adzan dan juga MC saat lomba cerdas cermat bersama sang anak FBS Sandi. Satu hal yang menarik saat menjadi juri lomba banyak yang mengomentari rupa dan bentuk saya yang katanya terlampau serius dan malah bisa membuat takut anak – anak peserta lomba dan katanya juga tidak mencerminkan sosok aziz yang biasanya. Hahahaha…

Dari ketiga TPA itu saya sendiri kejatahan untuk mengajar di TPA Nurul Huda bersama Nurwanto dan Manaqib. Menemani mungkin lebih tepatnya karna sudah ada Mba Ella, Mba Retno dan Mba Reni yang mengajar disana kami cuma ikut membantu sebisanya. Dua rule yang kami terapkan selama mengajar TPA bagi kami bertiga adalah

1. Dilarang Harum – harum

2. Dilarang bawa HP

Aturan pertama sebenarnya cuma berlaku untuk Nurwanto hahahaha… Ada juga aturan yang khusus untuk saya yaitu dilarang menggunakan jam tangan. Entah kenapa jam casio hitam saya cukup jadi primadona di kalangan anak – anak mungkin karena memang sejatinya itu jam tangan anak – anak yang sudah saya pakai lebih dari 10 tahun lalu.

Dan proker yang mengesankan terakhir adalah lomba agustusan (bukan 17an karena acaranya tanggal 26, masa 26an ) yang sekaligus dilanjutkan malam pentas seni dan perpisahan bagi kami KKN 51 UNY 2012. Mengesankan karena seharian saya melihat adik – adik saya dari SD Genjahan II, mereka dari pagi sudah ber – drumband ria keliling dusun dan ikut lomba hingga sore hari dan datang serta ada yang tampil ( Vita dan Nisa ). Dan tentu saja manggungnya kami ( Saya, Fikar dan Guntur dibantu oleh Rita ) mewakili KKN 51 menjadi pengalaman tersendiri buat saya.😀

Semua kenangan itu kini tersimpan rapi di memori saya. Tersimpan rapi di salah satu ruang hati saya untuk Susukan IV.
Banyak yang bilang KKN itu menjadi salah satu tempat untuk mencari jodoh, dan sepertinya terbukti di beberapa teman saya, bahkan sepertinya berlaku juga untuknya, namun nampaknya tidak bagi saya. Namun ada yang lebih berarti yang saya dapatkan, hubungan dan ikatan kekeluargaan yang saya dapatkan mungkin lebih berarti (pembelaan hahahaha)

Terimakasih untuk semuanya :

  • Keluarga 51 yang sudah bahu – membahu menjalankan proker
  • Keluarga Pak Dukuh, dan Keluarga Mas Nur yang sudah menjadi orang tua kami selama disana
  • TPA Nurul Huda, Mba Ella, Mba Retno, Mba Reni dan semua adek2 TPA Nurul Huda
  • SD Genjahan II dan anak – anak kelas V khususnya
  • Ibu DPL, Ibu Kartika yang sudah membimbing kami
  • Anisa, Sarah sama Putri makasih kenangannya.😀 ( Dapet gantungan, gelang, boneka flanel sama kalung dari mereka )😀

 

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

