Momen Itu Bernama UAS

Apa yang anda bayangkan ketika mendengar kata UAS ? Beberapa dari teman yang saya tanyakan ada yang menjawab Pasrah, Sudah Sewajarnya, Tugas Akhir, Kejang – kejang, bahkan hingga Berbusa, beruntung tidak ada yang menjawab bunuh diri. Yah dari jawaban yang diberikan nampak jelas bahwa Ujian Akhir Semester merupakan suatu masalah tersendiri yang cukup berat bobotnya untuk dihadapi.

UAS merupakan suatu momen yang mau tidak mau, suka tidak suka wajib dihadapi oleh para mahasiswa/i karena itu merupakan suatu indikator pencapaian hasil belajar selama satu semester yang telah dilalui. Melihat jawabannya tentu UAS bukanlah hal yang dinanti2kan. Namun percayakah kalian bahwa ada loh yang sangat merindukan datangnya UAS ? Siapakah mereka ?

Dosen kah ? Ah tentu saja tidak, mengapa? karena dosen pun pasti akan dipusingkan dengan apa yang namanya UAS, mulai dari membuat soal, menilai hasil ujian, hingga mungkin mengadakan ujian susulan. Lalu siapa yang selalu menanti datangnya UAS ? Mereka adalah para sahabat kalian semua, mereka adalah tukang Fotocopy. Kenapa mereka? karena pada masa2 inilah mereka kebanjiran omzet. Coba saja kalian bandingin jumlah pengunjung di tiap2 tempat fotocopy di sekitaran kampus pada masa UAS dan selain masa UAS. Akan jauh berbeda tingkat kepadatannya.

Lembar catatan berisi materi – materi akan menjadi banyak jumlahnya pada masa2 UAS. Mahasiswa/i yang catatannya paling rapi dan paling lengkap akan menjadi buronan teman2nya. Dan mungkin pada masa ini pula tingkat penjualan kopi akan mencapai puncaknya dimana pasti banyak mahasiswa/i yang sangat bersemangat untuk belajar hingga larut malam bahkan pagi hari tentu saja dengan ditemani bercangkir – cangkir kopi. Yang demikian ini sering kita kenal dengan nama SKS ( Sistem Kebut Semalam )

Mereka yang melaksanakan SKS biasanya menjadi orang yang amat sangat kreatif dan penuh rencana serta strategi jitu untuk bisa melalui UAS dengan hasil maksimal. Berbagai strategi memuluskan ujian dilakukan, mulai dari membuat catatan kecil, cara menyembunyikannya hingga membuat kode – kode tertentu untuk saling bertukar jawaban.

Menjelang UAS ada satu pertanyaan favorit yang akan diajukan kepada para Dosen Pengampu ? Tahukah kalian apa itu ?
Pertanyaannya adalah :
” UASnya Open Atau Close ? ”

Yak jawaban dari pertanyaan itulah yang akan menjadi landasan dalam menentukan strategi dalam menghadapi UAS. Belum lagi karakteristik dari masing – masing Dosen pengampu yang kemungkinan besar menjadi dosen pengawas ujian, itupun menjadi salah satu landasan dalam menentukan strateginya.

Terlepas dari itu semua selalu ada hal yang menyenangkan dibalik UAS, karena selepas UAS adalah masanya untuk bersenang – senang menikmati masa liburan. Yak liburan lah yang bisa dijadikan pemicu untuk semangat dalam menghadapi UAS, selagi kalian bersusah payah menghadapi materi – materi yang kalian pelajari relaks lah sebentar untuk memikirkan rencana liburan kalian, buatlah liburan itu memang pantas kalian dapatkan setelah jerih payah yang kalian lakukan dalam menghadapi UAS.

So, jangan pernah takut menghadapi UAS, nikmatilah karena UAS akan memberikan liburan kepada kalian. Persiapkan materi2 UAS sebaik mungkin, kuasai mereka, hindari sistem SKS karena kemungkinan besar akan membuat kalian jatuh sakit. Jangan sungkan untuk bertanya terkait materi yang tidak kalian pahami. Kalian pasti ingin huruf A berjajar rapi di Kartu Hasil Studi kalian bukan ? Untuk itulah siapkan semuanya sebaik mungkin…

😀

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s