Habit

Hari  ini saya mendapatkan pelajaran yang amat sangat berharga dari sesuatu hal yang terlihat sepele. Hal sepele tersebut adalah kebiasaan “Menabung” di pagi hari di kamar mandi. Pasti paham kan apa maksudnya menabung itu?? Sengaja saya gunakan kode biar tersamarkan dan lebih enak dibacanya.😀

Ya hari ini ritual tersebut tidak saya laksanakan karena satu dan lain hal. Keasyikan ngblog di pagi hari hingga akhirnya keburu2 futsal. Di lanjut ajakan nobar membuat saya terpaksa menunda ritual tersebut hingga amat sangat lama. Dan itu memang sangat menyiksa sekali, ditambah listrik dikampus dan sekitarnya beberapa hari ini sering padam dan “untung” sekali pas tadi mati cukup lama sehingga menyebabkan pasokan air bersih dari pompa hilang.

Suatu hal yang sudah sangat sering kita lakukan terkadang membuat kita menganggapnya sepele. Namun ketika hal tersebut tidak kita lakukan rasanya ada sesuatu hilang yang akan mengganjal di hati dan benak kita. Contoh yang tadi saya utarakan misalnya, kita menganggap sepele kegiatan “menabung” di pagi hari itu dengan lupa mengucap syukur ketika masih bisa melakukannya. Dan saat kita tidak bisa melakukannya baru lah kita merasakan kehilangan.

Ya sesuatu hal yang sudah biasa dan kita terbiasa dengan hal tersebut membuat kita merasa itu biasa saja tanpa makna. Membuat kita lupa meresapi akan sesuatu hal yang terkandung di dalamnya. Kita terbiasa melihat hujan yang jatuh ke tanah tanpa kita sadari betapa KuasaNYA sangat dahsyat.  Dan salah satu hal yang sangat fatal adalah ketika melihat suatu hal yang buruk dan salah lalu menganggapnya biasa saja karena terlalu sering melihatnya. Menganggapnya biasa saja meskipun sebenarnya hal tersebut salah lama kelamaan akan menghancurkan bangsa ini karena akan semakin bnyak yang melakukan hal tersebut. Pungutan – pungutan liar misalnya.

Dalam istilah sosiologi mungkin dikenal dengan kata ajeg, yaitu suatu hal yang berulang terjadi dan menjadi kebiasaan kalau tidak salah seperti itu maknanya. Kita terbiasa beribadah namun kita terkadang lupa akan makna ibadah sesungguhnya. Yang lebih parah lagi terkadang kita terbiasa mengakhirkan ibadah ini juga berbahaya.

Belajar dari hari ini, Biasakanlah melakukan hal – hal yang baik insya allah hasilnya akan membuat kita menjadi lebih baik…

😀

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s