Cara Baru Mengkritik

Ramadhan tahun ini membawa sesuatu yang baru buat saya. Ada sesuatu hal baru yang diperkenalkan oleh kakak saya pada saat saya berada di rumah Jakarta. Hal tersebut bernama Stand Up Comedy Indonesia. Sesuatu yang sebenarnya sudah lama saya dengar meskipun belum terlalu booming. Standup komedi merupakan salah satu hal yang sepertinya menjadi suatu hal yang booming saat ini. Dan para penggerak standup komedi di Indonesia adalah Pandji Pragiwaksono dan Raditya Dika. Beberapa materi yang dibawakan oleh para Comic (standup komedian) banyak yang merupakan suatu kritik untuk berbagai pihak. Kritik yang sebenarnya bagus untuk kemajuan hal yang dikritik, ada benarnya apa yang dikatakan oleh Pandji di salah satu sesi standupnya

Standup komedi mengajarkan kita untuk tidak sensi, mengajarkan kita untuk menertawakan diri kita sendiri. Karena Indonesia masyarakatnya terlalu sensi.

Saya rasa ada benarnya juga dan saya pun merasakan hal tersebut dengan merasa terkadang saya terlalu mudah untuk tersinggung untuk sesuatu hal yang tidak penting. Salah satu sindiran yang sebenarnya jika ditanggapi dengan hati dan pikiran yang dingin dapat membuat kinerja yang disindir tersebut dapat menjadi suatu masukan untuk memperbaiki diri.

Pandji Pragiwaksono

Pandji Pragiwaksono

Ada satu sesi standup dari Pandji Pragiwaksono dimana dia berani mengkritik pemimpin kita. Kritikan yang sejatinya bisa menjadi suatu ajang perbaikan kinerja dan diri sendiri. Dalam materinya tersebut Pandji mengkritisi kinerja presiden yang sudah membuat album hingga (hampir) 4 album dalam masa kepimpinannya yang belum genap 10 tahun. Kinerja yang mungkin mengalahkan musisi yang bener2 asli musisi. Itu baru salah satu kritik yang disampaikan lewat standup komedi.. Nanti akan saya bahas lagi tentang standup komedi..đŸ˜€

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

