Pilihan Mudik ?

Siapa yang tidak mengenal tradisi mudik di Indonesia ? Hampir sebagian besar masyarakat Indonesia melakukan tradisi ini di saat libur Lebaran maupun libur Hari Raya Natal dan Tahun Baru. Kegiatan pulang kampung menjadi suatu kegiatan luar biasa pada dua momen ini khususnya pada libur Lebaran karena mayoritas masyarakat Indonesia yang beragama Islam. Kenapa saya katakan kegiatan luar biasa karena pada masa ini ratusan ribu manusia bahkan jutaan manusia tumpah ruah di jalan – jalan.

Khususnya para perantau dari Ibu Kota Jakarta dan sekitarnya  yang mayoritas berasal dari wilayah Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur. Saya mencoba membahas moda transportasi yang digunakan untuk mudik.

  • Motor

Sepeda motor merupakan salah satu moda transportasi yang terfavorit untuk digunakan oleh para pemudik. Alasannya , karena lebih murah, dan lebih efisien serta lebih simpel. Namun sepeda motor merupakan penyumbang kecelakaan terbanyak di saat arus mudik. Hampir 70% kecelakaan mudik menimpa para pengendara sepeda motor. Melihat tingginya angka kecelakaan ini seharusnya dapat menjadi semacam rambu untuk para pengendara sepeda motor untuk berhati – hati dan tidak memaksakan diri saat berkendara. Beristirahat yang cukup serta menyiapkan kendaraan serta tubuh yang fit dan menggunakan peralatan pengamanan diri menjadi suatu hal yang wajib hukumnya.

Pict By Rendra Habib

  • Mobil Pribadi

Ini merupakan pilihan mudik bagi keluarga tingkat menengah ke atas. Alasan menggunakan mobil pribadi kurang lebih sama dengan pemudik motor. Dapat digunakan untuk bepergian di daerah tujuan mudik juga lebih nyaman saat mudik karena mereka yang menentukan waktu berangkat, dan juga saat istirahatnya. Namun hal ini lah yang membuat jalanan semakin padat karena semakin banyak mobil yang digunakan untuk mudik setiap tahunnya. Salah salah memilih waktu untuk mudik dan balik maka habislah waktu anda di dalam perjalanan. Seperti chase keluarga saya yang kembali ke jakarta hari selasa lalu yang menempuh waktu 18 jam untuk jarak Klaten – Jakarta yang normalnya hanya 14 jam.

  • Bus Umum

Armada bus masih merupakan salah satu favorit para pemudik. Harga yang cukup realistis dengan pelayanan membuatnya kebanjiran penumpang. Selain itu adanya agenda – agenda mudik gratis yang diselenggarakan oleh banyak pihak dengan menggunakan bus umum juga menjadi faktor banyaknya pemudik yang menggunakan bus umum untuk mudik. Namun sama seperti pengguna jalan aspal lain seperti motor dan mobil , Bus juga rawan akan kemacetan jika anda tidak memilih waktu yang tepat untuk mudik. Kakak saya yang paling tua mengalaminya arus balik tahun ini. Perjalanan Klaten – Jakarta yang ditempuh oleh keluarga saya dengan 14 jam ternyata tidak ada apa apa – apanya karena kakak saya menempuh jarak yang sama dengan waktu yang jauh berbeda yaitu hampir 40 Jam. Dia berangkat pada hari Sabtu Jam 2 siang kurang lebih dan tiba di Jakarta pada hari Senin Jam 9 Pagi.

Sumber .Forum Bismania

  • Kereta Api

Kereta Api, merupakan moda transportasi yang jalurnya tidak berbagi dengan moda transportasi lain. Malah para pengguna jalan aspal harus mengalah jika bersilangan dengan jalur rel. Ya kereta api tetap menjadi pilihan andalan para pemudik dengan segala kekurangan yang ada. Kenapa saya katakan kekurangan?? Karena masih banyak hal yang saya anggap menjadi kelemahan di kereta api. Mulai dari harga tiket yang tidak rasional dengan apa yang didapatkan. Kurangnya armada hingga cukup banyak masyarakat yang tidak terangkut. Namun patut diapresiasi perbaikan yang dilakukan KAI saat musim mudik tahun ini. Pembatasan penumpang di setiap rangkaian kereta banyak yang mengatakan menjadikan kereta lebih memanusiakan penumpang… * saya cuma mengutip apa yang pernah saya baca loh pernyataan ini😀

Selain itu juga ada janji dari kemenhub kalau tidak salah akan meluncurkan kereta ekonomi Ac saat musim mudik tiap tahun (tapi lupa saya hingga tahun berapa) Setelah tahun lalu KA Ekonomi Ac (Argonomi) Bogowonto relasi Kutoarjo – Pasar Senen tahun ini kembali di luncurkan Argonomi part II Yaitu KA Ekonomi Ac Gajah Wong relasi Lempuyangan – Pasar Senen

Pict By Narendro Anindito

Pict By Narendro Anindito

 

Jadi Pilihan Mudik apa yang akan anda ambil untuk tahun depan?? Belajar dari arus mudik tahun ini kalo saya sendiri menyarankan apapun moda transportasinya pilihlah waktu yang pas agar tidak berada di tengah -tengah gempitan puncak Arus mudik dan balik tahun depan.

😀

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s