(Seandainya) ada Feeder Bogowonto

Jumat kemarin 22 April 2011 untuk ketiga kalinya aku kembali jalan bersama My Lovely argonomi KA 7171 Bogowonto relasi KTA – PSE. Sore itu entah ada apa di lintas selatan sehingga banyak KA yang terlambat. Senja YK, Dwipangga, Dan Taksaka terlambat begitu pula dengan My Lovely 7122 Argonomi PSE – KTA. Keterlambatan yang mencapai satu setengah jam melewati waktu normal ternyata mengundang masalah tersendiri. Ternyata banyak penumpang Bogowonto yang sejatinya mempunyai tujuan akhir di kota Solo maupun Jogjakarta.

Nah ini masalahnya. Di Jadwal yang tertera memang untuk melanjutkan ke Jogjakarta maupun Solo masih bisa menggunakan kereta Prameks paling akhir ( pukul 18.00 KA 7122 jadwal masuk Stasiun Kutoarjo pukul 17.20 ) memang disaat tidak ada hambatan dan KA 7122 tepat waktu masuk ke Stasiun Kutoarjo ( KTA) para penumpang masih bisa melanjutkan ke Jogja atau Solo dengan Prameks. Namun aku sendiri selama tiga kali naik Argonomi ke Jakarta tidak sekalipun penumpang bogowonto dari Jakarta bisa melanjutkan dengan menggunakan prameks.

Alangkah baiknya jika ini menjadi suatu pertimbangan khusus untuk PT KAI Daops V PWT dan Daops VI YK untuk membuat jadwal Prameks terakhir tersebut disesuaikan dengan jadwal kedatangan KA Bogowonto dari Jakarta, karena berdasarkan pengamatan sekilasku cukup banyak penumpang dari Bogowonto yang ingin melanjutkan ke YK atau Solo.

Sayang sekali jika celah tersebut malah menjadi sumber pendapatan untuk PO PO Bus antar kota. Kalaupun tidak menggunakan KA Prameks mungkin bisa menggunakan rangkaian tersendiri milik Daops V PWT. Setelah ditutupnya Jalur feeder KTA – PWR ada Duo Lokomotif BB 300 (06 dan 16) yang ada di dipo loko KTA yang sepertinya menganggur begitu pula dengan rangkaian keretanya. Dua kereta saja aku rasa cukuplah sebagai feeder.

Dan Loko BB tersebut ga perlulah dipaksakan sampai Solo. Mungkin sampai YK saja dan diintegrasikan kembali dengan Prameks. Semoga suatu saat mimpi ini menjadi kenyataan…

Amin…

Aziz argonomi Lovers..

😀

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s