Papan Nama Kereta Api

Papan nama KA..judul yang lucu sepertinya, Tapi memang suatu hal yang dulu sempat ada dan kini sudah agak langka. Berhubung saya baru di dunia percintaan dengan Kereta Api ini dan hanya belajar dan mengetahui dari para orang di forum yang memang sudah lama bercinta dengan Kereta Api. Cuma ini ilmu saya.

Setelah membaca di forum saya pikir memang papan nama ini penting sebenarnya. Bukan hanya untuk informasi pengguna KA tetapi juga menjadi salah satu media promosi kepada para pengguna jalan lain yang biasa berpapasan di Jalur Lintasan Kereta Api. Hingga orang – orang awam yang melintas tahu kereta apa yang baru saja lewat. Paling hafal kalo Prambanan Ekspress yang lewat dan Banyubiru or Madiun Jaya karena Kereta yang jenisnya berbeda

Saya pribadi sebagai salah satu pecinta KA di skitar daops VI YK – KT sering tidak tahu apa yang melintas ketika berhenti di Jalur Lintasan. Baru – baru ini saja saya hafal beberapa jadwal dan tahu kereta apa yang melintas dengan melihat kode Lokomotifnya serta kode Kereta yang ditariknya.

Tumapel Jaman PJKA

Ini pas zamanya PJKA belum jadi KAI…Papan nama sering diletakkan di depan Lokomotif..

sedangkan zaman PT. KAI saat ini ada beberapa cara penempatan papan nama ini yaitu

Blora Jaya

Untuk yang jenis KRDI ini papan namanya berupa nomer KA dan jurusan dan kereta pada gambar di atas merupakan KA Blora Jaya relasi Semarang – Cepu

Turangga

Penempatan berikutnya terkadang ada di dekat pintu kereta. Biasanya memuat informasi nomer kereta (rangkaian keberapa) dan kelasnya( eksekutif, bisnis, ekonomi)

Bangunkarta

Ya yang di atas ini KA Bangunkarta ( Jombang – Madiun – Jakarta ) papan nama jenis ini yang paling sering terlihat juga di mata saya. Karena banyak ada di daops VI saya lihat. Sering saya lihat ada di KA Bengawan relasi Solo – Jakarta. Dan juga sering di KA – KA lain Kutojaya, Serayu dll. Biasanya diletakkan di rangkaian kereta makan di tengah2 rangkaian kereta

Argo Siprobo :P

Argo Siprobo­čśŤ

Nah ini yang spesial papan nama yang langsung menyatu dengan rangkaian. Dimana identitas keretanya jadi jelas. Namun yang memiliki papan nama jenis ini cuma beberapa aja. Yaitu KA Argo Parahyangan ( Bandung – Jakarta ) Argo Sindoro ( Semarang – ┬áJakarta ) Argo Jati ( Cirebon – Jakarta ) dan tentu saja Argo Bromo Anggrek ( Surabaya – Jakarta ) dan KA paling unik buat saya KA Malabar ( Malang – ┬áBandung ).

Nah itu sedikit info dari saya.

Jadi kalo naik kereta api dan mungkin ┬ásempat berfoto dengan papan nama’a.. Siapa tau bisa jadi kenang2an jika suatu saat KA yang anda naiki sudah berubah nama dan reinkarnasi..

Salam s35 selalu dari Railfans daops VI KT

Ardiantono

Sumber foto : Forum semboyan 35.

khusus yang buat sindoro pinjem fotonya kang probo..jadi KA argo Siprobo…

­čśŤ

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

