Power Nap

Rasa kantuk dan lelah pada tengah hari pasti sering kita rasakan. Entah itu setelah istirahat siang atau malah sebelumnya. Nah semalam kebetulan membaca salah satu artikel menarik tentang itu. Ternyata tidur siang itu sejatinya kita perlukan untuk memulihkan stamina kita. Tidak perlu lama – lama ternyata karena waktu 5 – 30 menit saja sudah cukup untuk kita melakukan tidur siang.

Sebuah publikasi pada jurnal SLEEP di tahun 2008 bahkan membuktikan bahwa tidur siang sejenak akan meningkatkan kemampuan mengingat seseorang. Penelitian yang dipimpin oleh Matthew A. Tucker, PhD, dari Center for Sleep and Cognition dan departemen psikiatri Harvard Medical School, menilai 33 subyek (11 laki-laki, 22 perempuan) dengan rata-rata usia 23,3 tahun. Para peserta masuk ke laboratorium tidur pada jam 11:30 siang dan diminta untuk melakukan sebuah uji memori pada jam 12:15. Di jam 13:00 16 peserta diminta untuk tidur siang, sementara 17 lainnya diminta untuk tetap terjaga. Setelah tidur siang, semua peserta diminta untuk tetap di laboratorium untuk dites ulang pada jam 16:00.  Hasilnya, subyek yang tidur siang menunjukkan performa memori yang lebih baik dibanding yang tidak tidur. Menurut Dr. Tucker ini menunjukkan bahwa proses tidur siang akan mengoptimalkan kemampuan memori seseorang.

Nah ini beberapa manfaat tidur siang :

  • Meningkatkan keterjagaan, performa kerja dan mengurangi kemungkinan melakukan kesalahan ataupun mengalami kecelakaan kerja.
  • Setelah tidur siang, kita akan lebih terjaga dan merasa segar lebih lama.
  • Tidur siang yang terjadwal sering kali disarankan pada penderita narkolepsi.
  • Tidur siang juga akan mengurangi kemungkinan terserang stress karena memberikan rasa rileks dan bugar

Nah bagaimana??tertarik?? Karena tadi saya secara tidak sengaja mengikuti ini. Kebetulan jam kuliah yang tidak ada dosennya saya gunakan untuk tidur sesaat (kurang lebih tadi saya 15 – 20 mnit) dan hasilnya lumayan membuat badan saya jadi terasa lebih segar.

Untuk cara tidurnya pintar2nya anda mengatur saja. Mungkin setelah shalat, atau tidur diruang kerja dengan menggelar tikar, atau malah hanya tidur dikursi dengan kepala menyender dimeja..Yang penting rileks dan nyaman.

Semoga bermanfaat…

Salam Sehat…

Ardiantono

Sumber : disini

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s