Sekilas Penampilan Timnas di AFF 2010

Pertama – tama selamat untuk raihan sempurna timnas Indonesia dalam penyisihan grup A di AFF 2010. Tiga pertandingan, tiga kemenangan dengan 13 gol dicetak dan hanya kemasukan 2 gol. Dari awal melihat kebijakan pelatih Alfred Riedl aku pribadi udah muncul sedikit harapan untuk timnas. Ditambah naturalisasi (Irfan Bachdim khususnya), kebijakan yang akhirnya (terlambat) diterapkan oleh pemerintah kita.

5 gol kegawang malaysia, 6 gol ke gawang laos serta 2 gol ke gawang thailand menunjukkan betapa produktifnya lini depan timnas saat ini. Semoga diikuti oleh kesolidan pemain belakang nanti. Untuk keseluruhan semangat yang ditampilkan timnas berbeda dengan penampilan di AFF sebelumnya. Buktinya adalah semangat yang masih membara saat tertinggal.Untuk ku sendiri secara keseluruhan semua pemain bermain semangat. Namun ada sorotan sendiri dari kacamataku ttg beberapa pemain.

  • Irfan Bachdim

Pemuda kelahiran Belanda yang membawa angin perubahan pada timnas. Pengalamannya yang alumnus akademi sepakbola Ajax Amsterdam membuat dia berbeda dari kebanyakan pemain kita. Kecerdasannya, visi bermainnya sangat fantastis. Jelas masuknya ia membuat timnas menjadi lebih baik. Terbukti dengan dua golnya.

  • Christian “El Loco” Gonzales

Maniak sepakbola Indonesia pasti tahu nama ini. Top skorer dalam beberapa musim terakhir. Beberapa tim di Indonesia telah ia bela. Kemampuannya  pun membawa angin segar bagi timnas. Satu gol telah dibuatnya, serta beberapa aksinya telah membuat lawan terpaksa *memberi* timnas tendangan penalti yang sukses dikonversi oleh pemain Indonesia (BePe dan Firman Utina)

  • Okto Maniani

Speed dan kelincahannya mungkin mengingatkan kita kepada Boas yang tidak dipanggil dan kepada pemain seniornya Ellie Aiboy. Namun ada yang kurang sreg dengan penampilannya dimataku yang awam ini. Mungkin karena faktor pengalaman dan jam terbang yang kurang. Kadang dia gugup dan grogi, namun juga terkadang agak egois dan tidak melihat kawan. Mungkin pengalaman akan bertambah seiring usianya nanti.. Semangat okto

  • Ahmad Bustomi

Nama yang ini benar – benar untuk pertama kalinya aku tahu dari timnas. Kalau nama okto sudah aku tahu karena dia pemain Sriwijaya yang kebetulan aku salah satu penggemar Sriwijaya. Peran sentralnya sebagai jangkar di barisan tengah timnas terlihat saat tadi ia tidak dimainkan sebagai starter. Pemain tanpa lelah yang menjaga agar bola tidak masuk ke daerah pertahanan. Nice job…

  • Arif Suyono

Super Sub timnas Indonesia. Dua sentuhan awalnya dalam pertandingan melawan laos dan malaysia menghasilkan gol. Dan kontribusinya dalam pertandingan terakhir cukup terasa. Tusukan – tusukannya cukup membahayakan gawang lawan.

  • Firman Utina

Sang kapten pada dua pertandingan awal. Kontribusinya sebagai penyimbang sangat terasa. Pertandingan melawan thailand tadi terlihat ada yang hilang dari permainan timnas saat absennya sang kapten. Eka Ramdhani baru mulai terlihat kontribusinya di babak kedua sebagai pengganti Firman. Umpan2nya yang terknal akuratlah senjatanya.

Sekian dulu sekilas dari aku tentang beberapa pemain yang tersorot mataku

Maju terus Garuda…terbanglah setinggi tingginya…

*ntar kalo ada waktu tak tambahin gambar*

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s