Dead Man Pedal

Kembali mendapatkan pelajaran berharga dari forum tentang perkereta apian. Mendapat ilmu baru tentang suatu barang kecil yang tidak bisa disepelekan. Meski hanya sedikit ilmu yang kudapat tapi akan tetap aku coba bagikan di sini.

Benda kecil itu bernama : DeadMan Pedal

Nama yang sebenarnya sangat berkesan angker dan menakutkan, tapi sesungguhnya itu memang pantas disematkan kepada barang kecil imut ini karena memang fungsinya yang fatal bagi kereta api dan seisinya.

Deadman Pedal

Pedal kecil ini memang terlihat tidak berguna namun seperti kata pepatah ” Jangan menilai dari luarnya saja”. Pedal kecil ini berfungsi sebagai alarm kesadaran masinis dan juga pengendali kecepatan kereta api. Aku mengatakan sebagai alarm kesadaran masinis karena pedal ini berfungsi dengan sistem 90/30 yang berarti pedal itu memiliki set waktu 90 detik diinjak dan 30 detik dilepas. Jika masinis lalai melakukan mekanisme tersebut maka akan ada suara alarm yang cukup berisik di kabin masinis. Dan jika tetap tidak digubris maka perlahan – lahan pedal melaksanakan tugas yang kedua yaitu menurunkan kecepatan sampai akhirnya berhenti total.

Bisa dibayangkan apabila pedal ini rusak atau mungkin diakali oleh oknum mass yang tidak disiplin. Bisa saja alat itu dimatikan dari saklar listriknya langsung dan untuk loko2 awal ( yang tidak memakai sistem 90/30) bisa saja mengganjal pedal tersebut dalam posisi selalu tertekan sehingga mesin tidak berhenti ( pada model loko pertama pedal jika tidak ditekan dalam selang waktu tertentu akan beraksi ). Bayangkan jika itu dimatikan bagaimana jika masinis mengantuk dan tertidur meski sesaat?? Bisa membahayakan puluhan nyawa lain bahkan ratusan.

Itulah fungsi dari alat kecil bernama Deadman Pedal….

itu ilmu yang kudapat hari ini…

Terus bunyikan s35 sebagai tanda Railfans…

Ardiantono

2 Comments

  1. Ta kiro bmx je.hehe


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s