Trik Sistem Akun

Semua berawal dari tugas praktek yang akan kuterima esok hari. Menangkap sedikit yang saya terima saat perkuliahan tadi bahwa nanti tugas praktek yang saya akan terima adalah merancang sistem akuntansi dan mencatat sistem akuntansi suatu UMKM apakah sesuai standard atau tidak. Namun yang cukup membuat saya tergelitik adalah merancang sistem akuntansi itu sendiri. Karena memang rancang merancang itu agak sulit.

Belum pernah kebayang dibenak saya apa itu sistem akuntansi. Akuntansi setau saya ya cuma debet kredit – -“. Maka tadi saya coba mencari2 di blog mungkin ada tulisan yang bisa membantu saya. Kebetulan dapat dan saya sudah mendapat ide untuk merancang sistemnya apalagi khusus untuk yang bergerak dibidang perdagangan.

Semua berasal dari formulir untuk penjurnalan. Ide yang saya dapat adalah membuat formulir dengan membuat selisih harga jual dan harga beli sehingga langsung terpampang profit berapa yang kita dapat saat penjualan tersebut. Dan juga membuat kolom khusus untuk jurnal (baik harian, mingguan, atau bulanan) untuk penambahan modal yang akan ditanam dari profit yang didapat. Sehingga nantinya bisa langsung mendapatkan hitungan laporan Laba – rugi dan juga laporan seberapa banyak modal yang sudah ditambahkan pada periode tertentu.

Baik kita liat nanti apa ini bisa terwujud apa tidak dalam 4-6 bulan kedepan…

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

