CC 201 45

Kali ini aku mau membahas satu lokomotif yang spesial buatku. Lokomotif unik dan antik serta misterius yang kini berada di Dipo Induk Lokomotif Yogyakarta, Lokomotif CC 201 45

CC201 45 Repaint

Waktu itu searchin baca – baca lokomotif tiba – tiba ko baca tentang loko ini yang katanya misterius. Maka dari itu aku browsing tentang ini loko serta sejarahnya. Dan memang fantastis super mistik tentang loko ini.

Sekilas Tentang Sejarah CC 201 45

Wujud Asli 45

Sejak pertama kali dibeli CC20145 sudah sering dicap sebagai loko yang sangat bermasalah. Maksudnya adalah, walaupun hasil tes menunjukkan tidak ada problem pada CC20145, namun sering mengalami kecelakaan atau kerusakan saat dioperasikan tanpa bisa dijelaskan. CC20145 semula ditugaskan untuk menarik rangkaian ke arah timur. Saat menarik Bima tiba-tiba mengalami tabrakan. Setelah diperbaiki, kembali bertugas menarik rangkaian Bima, tapi kembali lagi mengalami tabrakan. Diperbaiki kembali di Balai Yasa Pengok, Yogyakarta, dan setelah selesai jabatannya diturunkan untuk menarik rangkaian kelas bisnis saja yaitu Jayabaya. Tetapi seperti bisa diduga CC20145 kembali lagi tabrakan. Frekuensi tabrakan sesama kereta atau kendaraan bermotor yang dialami CC20145 rupanya cukup sering, belum lagi kejadian aneh yang dialami para teknisi yang memperbaiki lok ini pasca tabrakan.

Sesuai prosedur, setelah diperbaiki di Balai Yasa Pengok, CC20145 diuji statis untuk memeriksa kelengkapannya. Setelah semuanya beres, loko diuji dinamis di jalur tes di depan komplek Balai Yasa. Saat dipacu dengan kecepatan tinggi, mendadak rem gagal berfungsi, sehingga loko melaju terus dan menghantam dinding beton pembatas jalur tes. Sekali lagi CC20145 mengalami kerusakan dan harus diperbaiki.

Berikut contoh tes lokomotif di BY Pengok

Merasa kebingungan dengan CC20145, teknisi Balai Yasa yaitu Panut dan Suroso merasa perlu untuk memanggil tenaga ahli GE ( General Electric) langsung dari Amerika. Saat sedang memeriksa CC20145, tenaga ahli GE itu bercerita bahwa saat proses pembuatan loko yang satu ini memang sudah bermasalah karena banyak sekali terjadi kecelakaan kerja. Akhirnya diputuskan selain diperbaiki secara material, CC20145 juga diperbaiki secara spiritual. Sesuai adat orang Jawa, para teknisi Balai Yasa Pengok sepakat meruwat (ritual membuang sial) loko ini. Caranya dengan mengadakan selamatan dan memasang sepasang tapal kuda bekas di kedua ujung bemper CC20145. Kemudian memberikan beberapa gram emas dan menyepuh bagian samping bawah lok dengan lapisan krom sehingga terlihat mengkilat.

Anehnya setelah ritual ini CC20145 tidak pernah mengalami kecelakaan lagi. Ruwatan yang dilakukan oleh teknisi Balai Yasa berhasil menghilangkan nasib sial loko ini. Sekarang CC20145 ditempatkan di dipo lokomotif Yogyakarta, dan dengan mudah dikenali lewat ciri khasnya sebagai loko dengan sisi yang dilapisi besi mengkilat, dan di bagian depannya di bawah hidungnya, terdapat semacam lubang untuk double traksi.

Dan inilah penampakan asli CC 201 45

vv

vv

That’s it..semoga menambah pengetahuan…Salam Sepurr….

6 Comments

  1. Jis itu kereta bisnis yg biasa kita naikin?bnran tu cerita?ngeri bgt,haha.mantab2,nambah dah ilmu gw,shikansen lah,gmn ni.:ngakaks

    • yaps..itu lokomotifnya..kemrn terakhir tanggal 9 september mbah 45 ini nabrak Avanza pas narik fajar apa senja YK gitu…

  2. Haduwh2,kacau,br tau gw kalau tu sepur cemen bgt.haha.nice inpo gan.
    :Thumbup

    • cemen gimane gan???loko mahal tuh..ada sepuhan emasnya sendiri..

  3. Tetep aja demen tabrakan,gw ga bth emasnya,tp amanya.hehe.
    Tp alhamdulillah gw blm ngalamin kejadian yg ga enak d ka,jangan sampe dah.shinkansen gmn shikansen,haha

  4. begitu tuh ceritanya


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s