Membahas Stasiun

Tulisan lanjutan tentang stasiun setelah sebelumnya menulis nama2 stasiun di tulisan ke 100..

Stasiun menurut wikipedia adalah tempat naik turunnya penumpang yang menikmati transportasi Kereta Api. Kalo menurutku itu Stasiun bukan hanya menjadi tempat naik turunya penumpang tpi juga menjadi tempat mengatur perjalanan KA.

Setauku di setiap Stasiun ada kordinasi dengan stasiun – stasiun terdekat untuk memastikan jalur aman. Ya setiap kereta yang berjalan harus memastikan jalur di depannya aman sepanjang satu petak yang ditandai dengan lampu signal berwarna hijau mnyala.

Nah kalau di stasiun kadang ada perintah untuk berhenti sejenak untuk mungkin menunggu jalur di depannya clear atau istilahnya menunggu persilangan.

Sekarang coba membahas dalemannya  stasiun ya..

  • Ruang PPKA

PPKA atau Pengatur Perjalanan Kereta Api, ya disini kendali utama perjalanan kereta api. Setiap kereta api yang masuk stasiun mesti menurut apa yang dikatakan dari ruangan ini.

Ruang PPKA dengan Sinyal Mekanis

Diruang PPKA lah terdapat sinyal mekanis dan wesel untuk mengatur rel mana yang akan dimasuki kereta. Kebetulan yang digambar adalah ruang PPKA stasiun Klaten

Rel Kereta

Pada umumnya dan setauku sebagai manusia awam yang masih hijau masalah kereta, biasanya stasiun paling tidak memiliki 3 jalur. Dua jalur utama untuk dilewati dan transit

Rel di Stasiun Tugu Untuk Keluar Masuk Loko

Peron

Peron atau emplasmen adalah tempat tunggu penumpang dan tempat untuk naik dan turun dari kereta api. Ada 3 jenis peron yaitu peron rendah, peron setengah tinggi dan juga peron tinggi.

Peron rendah itu lantainya sejajar dengan tanah. Merupakan peron peninggalan zaman kereta Perang Dunia II

Peron Rendah

Peron Setengah Tinggi

Peron ini dimaksudkan untuk melayani kelas ekonomi

Peron Tinggi dimaksudkan untuk melayani kelas bisnis dan eksekutif

Pengerjaan Peron Tinggi

Ketinggian Stasiun

Pada umumnya setiap stasiun memiliki ketinggian yang berbeda – beda dan ketinggian di atas permukaan laut itu diinformasikan dengan tulisan dibawah nama stasiun pada papan yang tertera di stasiun

Solo Balapan +93m (berarti 93M diatas permukaan laut)Demikian sedikit pengetahuan dariku yang awam ini. Salam Sepur..Biarkan Dua Baja Sejajar Menuntun Jalanku…

Nb : Buat yang pnya foto aku pinjam ya..^^,

2 Comments

  1. Owh berarti bener dong kata guru matematika gw yg ngefans berat ama lipervool kalo tulisan +93 itu tandanya stasiun ada 93m di atas permukaan laut,wkwk,padahal gw sempat menyangsikan kata pak guru itu,soalnya dia suka boong,haha,tp tyta skrg dia bnran. :Beer

  2. wuh itu pekerja’ny ngeri banget ya bersebelahan langsung sama roda kereta


Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s