Etika Jalan Raya

Menulis ini masih dengan sedikit menahan amarah…

Pulang kuliah sore diguyur hujan..cma satu pikiran cepet sampe rumah mandi solat makan n tidur..

Tapi ada hal yang bikin kesel di perjalanan hari ini..

Bukan bis antar kota yang biasa jadi musuh perjalanan jogja -klaten q..

bukan hujan badai yang sering mengganggu…

tpi ini adalah sekelompok tifosi yang ugal2an…ga tau udah kejadian keberapa ini…

Ilustrasi

karena lagi g mood gara2 ujan ajj jadi rada mangkel ma manusia2 itu…

tolonglah hormati pengguna jalan lain…

buat para petugas juga tolong dunk ditindak..kebanyakan dari mereka melanggar aturan..

helm tak dipakai…melebihi kapasitas…

hufff…

coba deh bahas etika di jalan raya yang baik mnurut manusia awam ini :

  • Safety Riding First

Keamanan diri perlu. Perlengkapan kendaraan khususnya para bikers ( karena aq bawa motor ). Helm jelas perlu. Lampu2 kendaraan ( lampu dekat, jauh, rem sein ). Karena lampu merupakan tanda / signal kita. Pengalaman ajj dari aq ini klo malem jujur patokan di depan cma lampu belakang kendaraan lain untuk bermanuver. Lalu jangan lupa juga klakson.

  • Fast But Safe

Boleh lah memacu kendaraan dengan cepat. Tapi ingat dan mohon diperhatikan manuver yang kita lakukan jangan sampai membahaykan pengendara lain. Lakukanlah manuver seaman mungkin. Janganlah memaksakan ruang yang sempit untuk bermanuver, mungkin anda bisa melewatinya tapi belum tentu yang anda lewati siap dan mungkin saja dia kaget dan oleng dan lalu…..( tebaklah sendiri..)berilah tanda dengan klakson jika ingin menyalip

Fast But Not Safe

  • Hormati Hak Pengguna Jalan Lain

Ini yang terkadang terlupakan bahkan oleh q juga..Egoisme tingkat tinggi para pengendara di jalan raya..Ambil contoh keegoisan para oknum supir bus antar kota yang sering mengambil jalur paling kiri ( jalur lambat ) yang notabene buat sepeda dan kendaraan yang melambat. Para pengendara motor yang naik ke trotoar bahkan ke jembatan penyebrangan. Para pengendara yang ambil jalur terlalu ke kiri di lampu merah sehingga menghambat kendaraan yang mau langsung belok ke kiri. Cobalah melaju sesuai kodratnya y kawand2 semua..( pembelajaran buat aq juga )..biar sama2 enak..

  • Komunikasi Non Verbal Antar Pengguna Jalan

Klimatnya aneh y??hihi..maksud aq itu komunikasi antar pengguna jalan..ambil contoh ajj nyalain sein beberapa saat sebelum belok / ganti jalur. Klakson sebelum menyalip ( di jalur yang hanya cukup untuk dua mobil dua arah ). Memberikan isyarat untuk menyalip jika merasa ingin berjalan lambat dan memberikan jalan ( khusus buat mobil truk dan bus ).

Segini ajj sarannya..agak ngantuk hari ini…ga enak badan juga 3 hari ujan2an..uppsss jadi curhat..hihihi

Salam..

Ardiantono

Leave a comment

No comments yet.

Comments RSS TrackBack Identifier URI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s